Kamis, 25 April 2013

Laksa arcanam


Memperingati Hari Mahasemadi Sad Guru Bhagavan Sri Sathya Sai Baba, SSG Singaraja menggelar acara Laksa arcanam yakni sebuah ritual mempersembahkan beras kepada arca ataupun gambar Bhagavan yang diletakkan di sebuah mangkuk yang telah dihias sedemikian rupa sambil melantunkan mantram “ OM Bhagavan Sri Sathya Sai Baba ya Namaha sampai minimal 100.000 kali. Pelaksanaan ritual ini dilakukan dengan berpasangan (istri dengan suami, orang tua dengan anak, antara teman laki-laki, ataupun gadis perempuan dengan perempuan lainnya).Tapi jangan kaget dulu karena angka ratusan ribu itu bukan untuk 1 orang karena jumlah itu adalah hasil akumulasi. Misalkan jika peserta yang hadir mencapai 50 orang pasangan (100 orang) maka 1 putaran japa yang berjumlah 108 biji dikalikan dengan 100 orang peserta sehingga hasilnya menjadi 10800 kali pelantunan mantram. Sehingga untuk mencapai jumlah minimal 100.000 kali maka setiap peserta minimal harus memutar japa malanya sambil mengucapkan Mantra “OM Bhagavan Sri Sathya Sai Baba ya namaha” sambil mempersembahkan butiran beras kehadapan foto Svami sebanyak 10 kali.

Ritual ini adalah upacara yang dilakukan oleh SSG Singaraja untuk kedua kalinya. Antusiasme para peserta bisa dilihat dari banyaknya bhakta yang mengikuti kegiatan ini yang bahkan datang dari para bhakta dari luar singaraja bahkan saat kegiatan berlangsung, anak-anak Bal Vikas yang biasanya suka ribut-pun enggan beranjak dari tempat duduknya. Barangkali karena mereka diberikan tanggung jawab sendiri untuk melakukan persembahan beras di hadapan photo Bhagavan. Sebuah kebersamaan dan kekhusukan begitu tampak jelas setiap kali acara seperti ini digelar disamping karena manfaatnya yang telah terbukti, kegiatan Laksa arcanam juga telah menanamkan benih bhakti yang lebih baik lagi atas keagungan Sad Guru Sathya Sai. Akumulasi bhakti yang terpancar dari masing-masing bhakta yang berdoa dengan kesungguhan sudah pasti dapat memvibrasi pikiran setiap orang yang masuk dan bergabung dalam lingkup kegiatan ini. oleh karena itu kami berharap kegiatan yang sama bisa juga dilaksanakan di SSG lain di seluruh dunia. Dan semoga ini menjadi inspirasi bagi semua bhakta bahwasannya mempersembahkan segala sesuatunya kepada Tuhan sebelum berkah itu kita terima akan menyucikan hati dan pikiran kita dari dalam. 

Bagi para bhakta yang belum berkesempatan mengikuti acara dimaksud, tidak perlu merasa putus asa sebab di rumahpun kita bisa melakukan hal yang sama. tidak mesti jumlahnya mencapai ratusan ribu. Sebab Tuhan lebih memperhatikan kwalitas dari sebuah bhakti. Para bhakta bisa melakukan persembahan beras setiap hari akan memasak. Caranya adalah dengan menempatkan Kaki padma Bhagavan di sebuah mangkuk/talam bersih, lalu kita ucapkan mantram diatas atau Sai Padam juga memungkinkan sambil mempersembahkan butiran-butiran beras yang akan kita masak. Setelah selesai 1 kali putaran japa, beras yang telah terkumpul di gambar kaki padma Bhagavan itu kita lungsur/mohon sebagai berkah untuk kita masak. Jadi otomatis nasi yang kita makan sudah disucikan oleh Beliau.
Semoga bermanfaat …( Jay Sairam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar